Kota Tua adalah bagunan yang menjadi saksi sejarah awalnya Kota Jakarta, arsitektur dari bangunan yang berdiri megah dan kokoh membuat dercakan kagum bagi yang melihatnya, tapi terkadang kemegahan ini mengambarkan kesan "Misteri" yang disebabkan cerita dibalik dari kemegahan gedung.
Kota tua haruslah kita jaga dan kita lestarikan sebagai bentuk dari penghargaan kita kepada orang-orang yang sudah berjasa dalam awal perkembangan kota Jakarta,  dan sebagai bentuk dari penghargaan dan pelestarian ini banyak bangunan-bangunan tua yang berada diwilayah kota tua dijadikan sebagai objek wisata yang sangat murah meriah, selain kita dapat lebih mengenal sejarah tentang kota Jakarta dulunya, kita juga dapat melestarikan bangunan-bangunan tua yang sangat megah dan indah.


Sangatlah berbeda rasanya jika kita berada di wilayah gedung-gedung pencakar langit yang sudah banyak berdiri menghiasi langit ibukota tercinta dengan kita berada di kawasan kota tua yang berdiri bangunan yang megah dan kokoh, seolah-olah kita dibawa jauh kebelakang dimana kejayaan Batavia sebagai kota perdagangan di pulau Jawa.

Tapi sayang sekali terkadang rasa ini tergangu dengan beberapa kekurangan yang telah tampak di sekitar bangunan-banguan kota tua. Mulai dari banguan yang kurang terurus, tangan-tangan jail dari orang-orang yang kurang menghargai peninggalan sejarah sampai dengan tupukan sampah dari orang-orang yang kurang sadar akan arti kebersihan sehingga pemandangan jadi tergangu dan bau yang tidak sedap menyebabkan kurang nyamannya kita berada di kawasan kota tua.

Mungkin bukan hanya pemerintah saja yang harusnya bertanggung jawab untuk menjaga bangunan-bangunan bersejarah ini, tetapi kita sebagai generasi penerus haruslah sadar akan keuntungan dan kepentingan untuk menjaganya. Sehingga nantinya jika suatu saat kita akan mengajarkan kembali tentang makna sejarah kota Jakarta kepada adik, anak ataupun nantinya cucu kita, bukti sejarah itu masih ada.

Tulisan ini saya buat bukan untuk kepentingan menghina ataupun sejenisnya, tetapi saya ingin mengingatkan kepada teman-teman pembaca semua agar tidak lupa untuk menjaga dan melestarikannya. Kalo bukan dari kesadaran kita sendiri lantas siapa lagi yang akan melestarikannya....